Beasiswa privat di Jepang

Standard

Halo lagi dari Jepang..

Skarang gue mo ngeposting sesuatu yang mungkin berguna nih buat mereka2 yang niat bangeeett pengen skolah di Jepang.. hehe.. Gue bilang niat banget, soalnya infonya adalah untuk beasiswa privat. Maksudnya apa sih beasiswa privat ini? Maksudnya adalah, beasiswa di Jepang di luar beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Jepang atau yang populer disebut sebagai Monbusho.

Perlu dicatat bahwa berikut adalah beasiswa2 yang bisa diapply secara domestik dari Jepang, artinya.. yang mo daftar, harus berada di Jepang dulu dan tentunya harus udah punya professor atau pembimbing. Harus berada di Jepang dulu? Iya, makanya gue bilang .. info ini mungkin berguna buat yang niaaattt banget skolah di Jepang, soalnya harus mengcover sendiri biaya pesawat dan bulan2 pertama disini.

Oia, satu lagi yang perlu dicatet adalah, gue dapet infonya ini dari kampus gue, si TokyoTech tercinta… tentunya masih banyak beasiswa2 lain yang ditawarkan oleh kampus2 lain… tapi secara garis besar, yang gue sebut disini itu kemungkinan besar juga ditawarkan di kampus2 lain.

Okei, jadi ada dua tipe beasiswa yang privately funded. Perbedaannya terletak pada application process, yang satu perlu rekomendasi universitas, yang satu lagi bisa diapply tanpa perlu rekomendasi universitas.

A. Perlu rekomendasi universitas
Prosedur aplikasi:

Untuk melamar beasiswa dalam kategori ini, harus menyerahkan beberapa hal:

  1. Formulir Application for privately funded scholarship. Formulir ini tersedia 2 kali setahun pada bulan Maret/April dan September/Oktober dan harus diserahkan langsung (tidak lewat mail/email). Biasanya pengumuman disebar sekitar bulan Januari dan Juli.
  2. Fotokopi KTP Jepang (Alien Card Registration). Bila status visa bukan visa pelajar, pelamar tidak boleh melamar beasiswa ini. Bila status visa masih bukan visa pelajar (misal masih melamar perubahan visa), perubahan ini harus ditulis di bagian belakang KTP segera setelah visa pelajar diperoleh, dan menyerahkan ulang fotokopi KTP itu.
  3. Fotokopi transkrip akademik
  4. Fotokopi Japanese Proficiency Certification (bila ada)
  5. Research Achievement Summary (untuk pencapaian di tahun2 sebelumnya). Di dalamnya perlu menyebutkan apakah punya rekomendasi dari seseorang.
  • Jika tesis telah dipublikasi, perlu menyebut: tema tesis, nama co-author, nama jurnal akademik atau jurnal tempat publikasi tesis itu. Pastikan menulis volume, nomor isu, halaman, tanggal publikasi. Perlu juga melampirkan copy publikasi, bila tidak punya, perlu melampirkan bukti bahwa tesis tersebut telah dipublikasi
  • Jika tesis telah dipresentasikan, perlu menyebut: tema tesis, nama academic meeting tempat presentasi tesis, dan copy academic meeting program

Prosedur seleksi:

Pelamar akan dirangking sesuai dengan “Recommendation criteria for privately funded scholarship”. Komite seleksi di tiap universitas akan memutuskan pelamar yang mana yang patut direkomendasikan ke pemberi beasiswa. Pertimbangannya akan berbeda2 tergantung jenis beasiswa yang ditawarkan. Perlu dicatat bahwa si pelamar tidak melamar langsung pada pemberi beasiswa dan tidak melamar satu jenis beasiswa, tetapi pelamar melamar pada universitas untuk mendapatkan beasiswa. Jadi universitas yang akan mencocokkan pelamar dengan penawaran beasiswa yang tersedia dan merekomendasikan pelamar pada pemberi beasiswa. Pada akhirnya, pemberi beasiswa yang akan menentukan siapa yang akan memperoleh beasiswa itu.

Recommendation criteria for privately funded scholarship:
  1. Graduate students dan undergraduate students dirangking terpisah.
  2. Kalau ada yang scorenya sama, maka orang dengan status enrollment lebih tinggi yang akan dirangking lebih tinggi. Kalo status enrollmentnya sama, maka orang dengan transkrip dan pencapaian akademik yang lebih bagus yang akan dirangking lebih tinggi.
  3. Berdasarkan list rekomendasi yang dibuat dengan kriteria penilaian di atas itu, komite seleksi beasiswa akan memberi rekomendasi final dengan mempertimbangkan recruitment requirement tiap2 lembaga penyedia beasiswa.
  4. Yang dipertimbangkan adalah sebagai berikut:
  • Status enrollment (4 level). Master students dirangking dibawah Doctoral Students. Riset students dirangking dibawah graduate student. Undergraduate students tingkat 1 dan 2 dirangking dibawah mahasiswa tingkat 3 dan 4.
  • Transkrip nilai (4 level)
  • Pencapaian riset (4 level). Hanya untuk graduate students. Publikasi di jurnal atau presentasi di academic meeting atau conferences sebelumnya jadi pertimbangan.

Deadline: (contoh tahun 2008)

  • Late January : Pengumuman untuk aplikasi sesi kedua. (sesi pertama adalah yang bulan Juli)
  • 5-14 Maret : Closing date untuk aplikasi
  • 1-8 April : Closing date aplikasi untuk mahasiswa yang akan mulai kuliah bulan April.
Aplikasi pada tahap kedua ini adalah aplikasi untuk beasiswa2 yang dibuka antara pertengahan April 2008 hingga akhir Juli 2008. Hasil seleksi akan diumumkan antara bulan2 itu hanya jika terpilih oleh komite seleksi universitas. Kebanyakan beasiswanya hanya untuk 1 tahun.
B. Tidak perlu rekomendasi universitas
Siapapun yang memenuhi persyaratan yang diberikan oleh masing2 lembaga pemberi beasiswa boleh melamar. Kebanyakan lembaga pemberi beasiswa itu mengirim informasi ke Student Support Division, jadi bisa langsung menghubungi SSD tiap2 universitas. Informasi tentang beasiswa di Jepang juga tersedia di JASSO website. Silakan langsung mengontak masing2 lembaga pemberi beasiswa
Daftar lembaga pemberi beasiswa (bisa digoogling kalo mau tau lebih lanjut)
  • ITO Foundation for International Education Exchange. 180.000 yen/bln untuk 2 tahun. Master (max 30 tahun). Deadline Januari
  • SATO International Scholarship Foundation. 130.000 yen/bln untuk 2 tahun. Undergrad, Riset, Master, Doktor. Deadline Maret
  • The Moritani Scholarship Foundation. 25.000 yen/bln (undergrad), 35.000 yen/bln (master, doktor) selama jadi mahasiswa bila lulus tepat waktu. Deadline Mei
  • Atsumi International Scholarship Foundation. 200.000 yen/bln untuk 1 tahun. Doktor tahun ke3. Deadline September
  • Foundation for C&C Promotion. 100.000 yen/bln untuk 1 tahun. Doktor (max 40 tahun). Khusus untuk information science and its related field. Deadline Deptember
  • College Women’s Association of Japan. 2.000.000 yen/tahun untuk 1 tahun. Undergrad tahun ke3 dan 4, Master, Doktor. Khusus untuk wanita. Deadline Oktober
  • Takaku Foundation. 50.000 yen/bln untuk 1 tahun. Master dan Doktor. Deadline November
  • Honjo International Scholarship Foundation. 200.000 yen/bln untuk 2 tahun atau 150.000 yen/bln untuk 3 tahun atau 4 tahun. Master (max 30 tahun) dan Doktor (max 35 tahun). Deadline November
  • Iwatani Naoji Foundation, The Iwatani International Scholarship. 150.000 yen/bln selama 1 tahun. Master (max 30 tahun) dan Doktor (max 35 tahun). Khusus untuk bidang natural science. Deadline Desember
  • Yamada Scholarship. 120.000 yen/bln selama 1 tahun. Undergrad, master, doktor (max 40 tahun). Deadline Desember
C. Beasiswa Monbusho rekomendasi universitas
Monbusho juga terdiri dari 2 kategori, monbusho atas rekomendasi universitas dan atas rekomendasi pemerintah. Untuk monbusho atas rekomendasi pemerintah udah pernah gue ulas disini. Sementara untuk monbusho universitas, pada dasarnya gue gak ngerti prosedurnya, hehehe… yang gue ngerti adalah deadlinenya (contoh tahun 2008):
  • Mid-July : Pengumuman untuk aplikasi Monbusho rekomendasi universitas
  • 3-12 September (enrolled student) : Closing date untuk aplikasi
  • 1-8 Oktober : Closing date untuk mahasiswa yang akan mulai kuliah bulan Oktober.
Okei.. sebegitu saja.. selamat berburu beasiswa.. moga2 informasinya berguna.

16 responses »

    • Hali midah, makasih udah mampir dan mohon maaf baru sempet bales. Kalo ga kerja sama, gimana ya? Rasanya masih boleh kok ngelamar. Soal prosedur lebih sulit ato engga, saya kurang tau, mungkin ada prosedur tambahan ato malah ga usah melampirkan suratnya. Coba ditanyakan aja ke pihak kedutaan. Maaf kurang bisa membantu..

  1. hai qnoi..salam kenal ya..saya tuti, baru 1.5 bulan di jepang ikut suami yg sedang sekolah..saya jg berniat lanjut kuliah tp masih bingung caranya secara saya bukan pns..untungnya ketemu blog ini..bisa minta info beasiswa di bidang pendidikan buat master? n kalo ngga merepotkan boleh minta tlg dijapri aja yah..thanks!!!

    tuti, udah saya japri ya.. kalo mo tinggalin pertanyaan, via japri aja juga balesnya😉

  2. lam kenal dr hyogo,,
    qnoi (gatau neh mbak or mas ya,,maap),,
    mau tny neh,,
    aq lg M(1) di kwansei university,,dpt beasiswa dr kampus buat riset selama 1,5th,,
    nah pny bbrp alternatif kah kmn aq bs mncari bbrapa beasiswa yg ga perlu kudu bs japanese ga ya?
    coz ne ga bs bhasa jepun,,heee
    tq u ditunggu infonya,,


    halo naely, maaf ya baru bales. Hmm.. dimana ya? Setau saya sih memang ada beberapa beasiswa yang gak perlu bisa bahasa Jepang, misalnya monbusho kaya saya ini. Tapi gimana cara dapetnya kalo udah di Jepang, saya juga kurang tau. Cara paling bijak sebenernya nanya ke orang international office-nya kampus, sebab info untuk tiap2 universitas itu agak beda.

    Maaf ya meni kurang membantu gini infonya..

  3. Aduhhhhh aq kuliah dPoliteknik
    tp amat sangat bharap kuliah dJepun
    q smangat bgt untuk cr beasiswa tp knp monbu
    prsyaratannya susah y
    mayoritas untuk yg s1 pula

    huhuhuhu

    halo lisa… lisa nyari beasiswa untuk lulusan diploma ya? eh, coba diterangkan bagaimana situasinya lisa skarang, agak2 gak nyambung nih si qnoi hehehe.. maapp..

  4. qnoi makasih infonya.
    gw baru tamat s1 bhs jepang di bandung.
    beasiswa private itu bs ga bwt siswa colege djpang??

    halo ari.. aduh, maap ya udah begitu lama sejak ari komen dan baru aku bales.. siswa college di jepang.. kurang tau juga ya.. kalo gak salah si ada, musti dicek di collegenya masing2 tapinya..

  5. hai qnoi..salam kenal ya..
    tks sdh mampir di ‘rumah’ ku🙂

    pertama..yuk, kita ngobrol soal sampah rumah tangga.
    ke-2…sy juga dulu sempat terputus belajar piano selama 18 tahun..baru mulai lagi sesudah married dan punya piano lagi..hehehe..
    ke-3..tks info beasiswanya, anak sy pengen banget nerusin sekolah ke Jepang..boleh ya kapan2 nanya2 juga soal sekolah di Jepang..;)

    halo bu lita, trima kasih juga udah mampir hehe.. asiikk.. iya nanti saya tanya2nya lewat japri aja deh hee.. terus terus.. wahh.. jadi pengen maen pianoo lagii..nanti kalo dah punya duit beli piano deh hehehe.. dan tentu saja boleh nanya2 soal skolah di Jepang.. dengan senang hati akan dibantu kalo memang bisa😉

  6. Thanks infonya. Sedikit, saya ingin masukan: saya (umur 35 thn) sekarang kerja di swasta di sumsel, th 1998 lulus s-1 dari UGM. 5 tahun terakhir ini perusahaan saya kerjasama dg kyoto univ. 3 thn yll saya sempat 1 bln berkunjung kesana (ikut kerja di lab). tahun ini saya ditawari sama profesornya, untuk ambil s-2. dia jamin beayanya dari biaya riset. beliau bilang 3 atau 4 bln sebelum mulia kuliah (april?) belajar bhs jepang dulu. mohon masukannya: 1. apakah pasti saya sdh bisa diterima di univ kyoto (s-2)?, 2. apakah pasti saya bisa hidup di dengan beaya dari biaya riset (5 thn lagi kerjasama dg perusahaan dimana saya kerja)? 3. terus terang IP saya rendah, hanya 2,5 , tapi dgn jaminan profesor, saya pasti diterima, saya akrab dg profesor, bahkan selama sebulan saya disana beliau yang biayai saya, dan sempat 3 malam tidur di flat beliau.. thanks masukannya.

    pak foed.. sudah saya balas via japri yaa… selamat berjuang..😉

  7. Thanks infonya, ya. Saya tertarik juga nih ke Jepang untuk S3. Tapi, kayanya ngumpulin modal dulu untuk berangkatnya, terutama kalo ikutan yang privately funded scholarship. He3x….

    hei gede.. iyaaa.. ayoooo!!..😉.. eh eh, kayanya babeh mo punya proyek deh, tar gue kabarin ya…kemungkinan dia mo nyari student juga tuh. eh, pembaca yang lain, sapa tau ada yang tertarik? hehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s