Jalan2 Murah di Jepun (Ep.1)

Standard

Halo lagi,

Dipicu oleh pertanyaan dari beberapa temen, kali ini gw mau posting tentang sesuatu yang tampaknya mengusik benak banyak orang yang cinta traveling: “Gw pengen jalan2 ke Jepang nih. Gimana sih caranya jalan2 murah ke Jepang?”

Bicara tentang jalan2 murah, tentunya gak lepas dari istilah backpacking, atau yang lebih gak sengsara dikit, flashpacking. Biasanya buku2 guide jalan2 murah (disingkat JJM) membagi2 pembahasannya ke beberapa kategori, yaitu sebelum berangkat, selama di negara tujuan, dan sesudah pulang ke negara asal. Tapi gw skarang pengen fokus pada kategori kedua, yaitu selama di negara tujuan. Tujuannya adalah menjawab pertanyaan: “Gimana cara menekan biaya selama di Jepang?”

Ada beberapa hal yang menurut gw bisa dijadikan pos penghematan, yaitu (1) akomodasi, (2) transportasi (3) makanan, (4) daerah tujuan wisata, (5) belanja. Berhubung penjelasannya panjang nih, kayanya pembahasannya harus dibagi2 jadi beberapa postingan. Kali ini kita bahas yang akomodasi aja kali ya..

Akomodasi

Biaya yang paling besar untuk liburan adalah akomodasi. Karna itu, gw selalu menerapkan prinsip JJM ala Qnoi.  Prinsip 1: Bayar Rp.0 untuk tempat tinggal. How? Dengan nyari teman yang lagi ada di tempat tujuan, entah karna orang asli sono, lagi belajar di sono, ato apapun. Kalo gak punya temen, carilah temannya teman. Kalo gak punya lagi, carilah jaringan PPI -Persatuan Pelajar Indonesia- disana, gw yakin mereka dengan senang hati mau membantu. Menghubungi KBRI agak tidak disarankan karna mereka biasanya cuek bebek -biasalah pemerintah.. -. Tapi kalo mo nyoba, boleh juga.

Gimana dengan Jepang? Well, kalian para pembaca udah punya satu teman, pemilik blog ini😉. Kalo lagi baek hati, mungkin bisa gw bantu nyariin tempat tinggal. Atau, coba hubungi PPI Jepang, cukup tanggap kok. Apalagi dengan jaringan yang se-Jepang, bisa dipastikan kita akan bisa dapet tempat tinggal gratis di rumah2 para pelajar (dengan asumsi, mereka lagi pada baek hati juga jadi mau ngebales haha..). Tentunya tidak melupakan Prinsip No. 2Nebeng nginep maksimal 1 minggu deh. Jangan lama2, kalo lebih dari itu, sudah sangat merepotkan orang lain soalnya.

Kalo gak nemu juga, kita beralih ke Prinsip No. 3: Manfaatkan jaringan traveller internasional. Coba couchsurfing atau hospitality club deh, sapa tau cocok seperti gw.

Opsi lain, terutama kalo cuman bentar, adalah youth hostels, bukan Ryokan. Kenapa? Karna banyak hostel yang jauuhhh lebih murah daripada ryokan, atau dengan harga yang relatif sama, tapi lebih nyaman. Contoh hostel murah adalah Super Hostel, yang ada di banyak tempat di Jepang. Harganya sekitar 5.000 JPY per orang, atau bisa sampe 2.800 JPY per orang untuk 1 kamar 3 orang. Di Tokyo ada beberapa ryokan yang lebih murah lagi, sekitar 3000an JPY, contohnya Kimi Ryokan, Tokyo Ryokan, dan lainnya (bisa dilihat disini) Yang lebih murah dari itu? Di Tokyo itu udah yang paling murah. Jangan lupa kalau di Jepang, harga dihitung perorang. Jadi gak peduli seberapa banyak orang dalam satu kamar, harganya tetep per orang, bukan per kamar (walaupun kalo ngambil kamar untuk 3 orang akan lebih murah daripada ngambil kamar untuk 1 orang).

Terus juga, beberapa orang sih bilangnya bawa sleeping bag aja, tidur di stasiun. Di Eropa, this works. Di Jepang? No way! Bisa diseret ke kantor polisi karna betengkar ama tunawisma yang biasanya udah nge-tek tempat2 yang nyaman buat tidur di stasiun. Coba taman umum, mungkin lebih aman hehehe.. Lagipula, serem kali kalo sendirian, mungkin kalo banyakan, gw mau juga nyobain ini.

Ada pertanyaan?

Kalau ada, silahkan tinggalkan komentar. Kalau tidak, mari kita lanjutkan di postingan berikutnya tentang JJM dan transportasi.

44 responses »

  1. Hallo kak sy Irinia asal IPB . kak boleh kasi saran ga buat tempat tinggal d Tokyo sekitar 3 hari kak kalo ada please kasi kenalan sekalian kak buat PPI Japan nya huhu makasih kak

  2. mau tanya dong🙂 saya ad rencana buat k jepang akhir tahun ini. Untuk hotel2/penginapan yg disebutkan di atas apakah itu untuk per hari (harganya) atau bagaimana yah? thx

    • Halo Arin, yap betul, yang disebutin adalah untuk per hari. Jangan lupa dicek apakah harga itu untuk per-orang atau per-kamar, karena kebanyakan hostel budget di Jepang ngitungnya per-orang.

  3. menarik nih…mau tahu untuk makan biasanya untuk makan yang standar lha…tapi enak rata-rata habis berapa ya…

    • Halo renee, aduh sori banget yak baru bales komennya. Saya bales sama komen sebelumnya:
      * Seminggu di jepang cukup ga ya, hmm, tergantung renee atuh itu mah maunya liat apaan. Kalo saya pribadi sih, udah bayar mahal2 masa cuman seminggu…
      * Harga makanan pernah saya bahas disini silahkan dilihat..

  4. Hai qno, saya dan keluarga rencana akan ke jepang on june 2013 nanti. Boleh saya minta alamat email nya utk tanya2 seputar Jepang? Tks

    • Halo fitria, maap banget baru bales nih. Langsung tinggalin aja pesen di box yang ada di bagian “about me”, pesennya bakal langsung masuk ke imel saya. Okaii?

      • Halo onny, sebenernya saya juga kurang tau sih soal hostel murah hehehe.. tapi boleh kalo mo nanya2 sapa tau ada yang bisa saya jawab. Btw, ini alamat imelnya bener nih? Kok kaya spam sih?

    • Halo fristy, sori baru sempet bales nih. Ada kok, coba buka ppijepang.org dan klik di “kontak kami” .. tinggalin aja pesen disitu. Adminnya cukup responsif kok (dulu sih, skarang gatau). Gutlak!

  5. Hi! salam kenal. Anyway langsung aja nih… gue juga ada rencana mau ke Tokyo tahun ini bareng kakak gue. Budgetnya juga amat sangat sempit nih. Dulu pake coachsurfer juga ya? sekarang masih di Jepun apa uda balik ke Indo?
    sepertinya gue dan kakak butuh tempat tinggal Rp 0.- rupiah banget nih selama disana.. hahahaha! ada koneksi?

  6. Holaa!!

    Tulisannya berguna banget deh ini!!! Oiya aku mau tanya, kalo untuk aktivasi handphone gimana yah?

    Soalnya yg aku denger, simcard di Jepang ga segampang di Indo.. Huhhuhuhu …

    Thanks infonya yaaaa…

    • Hiyaa.. maap banget baru bales ya. Mungkin udah ga guna jawabannya, tapi sapa tau yang laen pengen tau hehe. Aktivasi hp, ini yang selalu jadi masalah di Jepang, karna sistem HP di Jepang beda ama di Indo. Kalo hpnya 3G sih bisa aktif kalo ga salah, at least bisa menerima sms, kalo pasca-bayar jelas bisa nerima telpon walaupun roamingnya selangit. Saya sih selalu nyaranin orang2 yang ke Jepang untuk rental HP aja di bandara. Soalnya jatoh2nya lebih murah dibanding pake simcard Indo. Tapi nyewa hpnya bener2 buat tlpn aja, jangan pake roaming data, mahal men! Pilihan termurah? Pake telpon umum!😉

  7. salam kenal, namaku hepy, aku udh pernah kerja dan tinggal di jepang slma 2thn, sekarang rencananya pengen balik lagi nih, mohon informasi dong coz , bener2 motainai okane no koto toka, yasui no wa totemo hoshii nandesu kedo, hmm pertma2 ttg penerbangan termurah pp jakrta jepang, itu kira2 naik apa ya yang bagusnya, jg cara mesenya gimana ya aduh bnyak bgt mottainai nya mendokusai(>_<) dareka oshiette kureru? onegai, ato wa dareka issho ni watashi to nihon he ikimashouka(^_^) yoroshiku desu,I miss japan so much, sankyu~

  8. halo qnoi thanks buat blog, it’s really help me.
    mw tanya ya…
    sy mahasiswa arsitektur di jakarta, tgl 29 agustus 2012 – 12 september 2012 nanti sy rencana ke jepang buat study skripsi (modus sampingan = travelling) LOL, skripsi sy mau buat amusement park / themepark (ex: dufan / disney sea) disana sy mw kunjungi; disney sea, universal studio & fuji Q high land. sy rencana PP pk airasia; krg lebih 5jt-an. tp buat akomodasi disana i have no idea, kira2 utk 2mgg di jepang abis brp duit yak?? hehehe…saya sama sekali ga ada kenalan di jepang. please help me all about it.
    thanks

  9. thx infonya.
    Btw, gw udh dpt tiket ke Jepang (Osaka-Kansai Airport) tgl 13 Des’12 nanti berdua temen. Tapi belum dpt tiket pulang krn masih nyari yg paling murah..hehe..Mo tny, penerbangan dari Tokyo ke Jakarta slain Air Asia ada yg murah ga? Yg di bawah 2juta sih kl bisa. Kira2 utk tanggal deket2 natal (lagi mahal2nya ga tuh?!) Sama mau mnt saran kira2 rute perjalanan yg bagus+ga ngures kocek dr pas nyampe bandara Osaka (jam 8.35 pagi) sampai kira2 tgl 20-22 desember. Rencana pulang ke Jakarta dari Tokyo. Oiya, minta tips PDKT sm orang jepang biar bisa homestay gratis ya skalian…hehehe
    Makasih

    • Halo pinkytinker, makasih udah mampir ke sini.

      Tiket pesawat yang paling murah gada lagi selain air asia.

      Untuk rute perjalanan, karena hanya satu minggu, saya pikir hanya bisa ke osaka, kyoto dan tokyo ya. Untuk Tokyo, bisa lihat ke postingan yang ini: https://qnoi.wordpress.com/2011/11/23/728/

      Soal penginapan gratis, bisa coba couchsurfing.com untuk nyari host. Saya juga pengguna situs itu, jadi bisa merekomendasikan karna cukup kredibel kok..

      Good luck!

      • Makasih qnoy utk jawabannya. Gw sempet sign up di couchsurfing, ada biaya macem charity gitu ya?. pgn sih bisa homestay gratis + dpt free guide warga asli sana..hehe
        Sampe saat ini gw blm beli tiket pulang. Berharap tengah tahun nanti ada promo lain..hehe..
        13-22 Desember di Jepang udh turun salju blm ya?
        Kalo mau ke Sapporo&Hokkaido ajak2 ya noy..:D

        • Ga harus bayar kok kalo ga mau.

          Tiket pulang mah kalo gak dapet yanh promo, harga normalnya gak mahal2 amat juga sih. Saya harus berguru pada dirimu nih soal berburu tiket diskon airasia. Nanti via japri di masa depan bole yaakkk nanya2..

          Wah sapporo dan hokkaido belum pernah euy. Suatu waktu pengen balik lagi ke jepun hanya untuk hokkaido, tapi musim panas aja ahh, gw makhluk tropis sih hehee..

  10. Alo,

    Mau nanya nih, rencana July 2012 ini mau ke tokyo sm suami Dan anak 5 tahun, ngeliat penginapan yg mahal merinding juga, soalnya kita Dari tgl 3 sampai 15 juli, itungan perkepala yah disana, Ada tau tempat org Indonesia atau jepang yg disewain dengan budget 5000/hari tuk kita ber3 gak? Mohon infonya yah mas bro😉 ngeliat yen yg masih dikisaran 117 jd tambah puyengggg. N kira2 kalau be anak slain disneyland kemana yah? Arigatouuuu banget yahhh tuk bantuannya.

  11. Hii Qnoi,

    nice blog btw..informasinya lengkap bgt..mudah2an bisa ngebantu pertanyaan2 saya dibawah ini yaa..huehehe..

    Okay, akhir taun ini saya & istri rencana bertaun baruan di jepang brangkat dr jakarta transit KL direct to Tokyo (Haneda)..berhub. blog ini th 2008 kira2 msh memungkinkankah saya dpt akomodasi 0 rupiah?

    karena saya ngga punya kenalan di jepang, niat brgkt kesana jg utk adventure berdua istri dan clueless sama sekali..huehehe..kl di hitung2 based on booking hotel via internet plg murah utk hotel, hostel, atau guest house sktr 600rb per night (+- 3000yen) sedangkan untuk homestay sktr 300rb per night (+- 1500yen) untuk room yg semi private 2 org..dan rencananya kita sekitar 15hran disana..lumayan khan kl harga diatas di kali 15 hr?..

    Kira2 ada solusikah? Pengennya sih dapat kenalan atau teman baru yg memang stay di Jepang, barternya kalo mungkin Qnoi atau teman Qnoi yang bakal dtg ke Jakarta dengan senang hati kalo bisa homestay di tempat kita di daerah Kemang, Jakarta Selatan.. Ditunggu feedbacknya..Thanks sebelumnya..😀

  12. oh gitu to tipsnya..makasi postingnya..jd inget manga cafe satu jam 400yen hehe, bisa tuh buat nginep malem klo cm pngn tdampar bbrp jam😀

  13. to Andy: wah, kalo soal warnet, gak tau juga ya, tergantung warnetnya kali ya? Yang pernah gw masukin itu bener2 kaya warnet indonesia soalnya, kotak kecil berisi komputer doang. Tapi bisa jadi opsi juga tuh😉, apalagi kalo harganya lebih murah dari karaoke. Oia, info tambahan, karaoke all-nite itu ada harganya di bawah 2000 JPY, ada yang bahkan cuman 980 JPY loh..

    to Gm: kalo dah punya duit hehe.. eh, mo nanya, ko gada opsi reply di commentnya Andy (#3) ya? apa emang terbatas ya jumlah “anak” commentnya? *ngerti lah ya maksudnya😀..

    to Febri: ayo Feb, dicoba! mumpung di Jepun hehe..

    • Iya, ada batas ‘anak’ commentnya, maksimal 10. Blog ini mungkin masih default (hanya 2 ‘anak’. Kalau mau, ubah aja di dashboard->settings->Discussion->Other comment settings.

    • iya tergantung warnetnya…ato di manga cafe gt spt yg dibilang mba lya…
      pernah liat di dorama dan internet dan pernah diceritain sensei jg ada orang2 yg bahkan tinggalnya di warnet gt…
      di shibuya ada karaoke all-nite yg cm 800 kalo hari biasa (senin-kamis)😀
      kmrn ini baru ngobrol2 sm bbrp anak ppi tokodai yg laen ttg rencana mau ke tsukiji tp krn musti pagi2 buta kalo mo liat lelang tuna, jadi rencana mau karaokean dulu…kalo mau silakan gabung jg…hehehe…

      • sip sip.. tengkyu Andy ya infonya.

        soal tsukiji, trima kasih tawarannya, tapi engga deh, udah pernah dan gak terlalu menarik. jangan lupa beli es krim rasa tinta cumi ya hehehe… cultural experience mannn..

    • Hai Andy, makasi dah mampir.

      Kalo cuma sehari alias transit doang sih, boleh juga warnet. Sebenernya dibandingkan warnet, lebih mending di KARAOKE haha.. bisa sambil nyanyi2 senang2😀. Tapi kalo lebih dari sehari, jangan deh. Selama traveling tentunya kesehatan adalah hal yang penting buat dijaga, dan nginep tiap malem di warnet atau karaoke, bisa bikin sakit2 badan yang merindukan tempat tidur enak hehe..

      • kalo di karaoke malah ga tidur dong mba…pengalaman karaoke all night jg besoknya tepar…hahaha…kalo di warnet gt bknnya ada yg disediain bantal, sofa, selimut, trs ada showernya jg ya…
        ya, daripada tidur di stasiun…hehe…tapi paling ngga masi lebih murah dari penginapan biasa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s