Jalan2 Murah di Jepun (Ep.2)

Standard

Setelah bicara soal akomodasi di Ep. 1, hari ini gw pengen ngulas topik kedua dalam episode postingan JJM di Jepun: transportasi.

Untuk menekan transportasi selama JJM di Jepang, satu hal yang pasti perlu adalah perencanaan yang matang. Ini dipermudah oleh betapa rapih, teratur, dan tepatnya prediksi waktu, biaya dan lama perjalanan kalo pake sistem kereta api atau bis di Jepang. Ada beberapa tips soal transportasi menuju dan selama di Jepang.

Tips 1. Pesawat pulang pergi Jepang.

Harusnya tentang biaya PP ini gak dibahas disini sih, tapi pengen berbagi sedikit info aja. Banyak orang yang nyari pesawat ke Jepang, nyarinya ke Garuda. Untuk satu alasan, yaitu penerbangan langsung ke Jepang dari Jakarta, memang Garuda adalah pilihan termurah dan hemat waktu (cuma sekitar 7 jam). Tapi tentu saja dari segi pelayanan, masih kalah jauh dari penerbangan2 lainnya. Jadi, kalau punya extra waktu dan ga keberatan dengan waktu perjalanan yang sedikit lebih panjang (extra 3-4 jam dan transit dulu), kenapa gak pake pilihan yang lebih nyaman, ya ga?

Dengan pertimbangan harga, waktu dan kenyamanan, buat gw pilihan terenak ada 2. Satu, Malaysian Airlines. Di bulan2 tertentu, MAS menawarkan harga tiket pesawat yang sangat murah. Sempat ada masa dimana tiket dari Jepang-KL-Jakarta pulang pergi in total adalah sekitar 3 juta! Rata2, harga tiketnya sih sekitar 4-5 juta kalo diconvert ke rupiah. Menurut gw, itu udah terbilang murah dibandingkan tiket Garuda yang suka gak sopan pasang harga di atas 8 juta, bahkan sampe di atas 10 juta. Penerbangan MAS terbilang sangat nyaman, dengan makanan yang cukup lumayan dan halal, dan entertainment system yang oke. Pilihan kedua adalah Cathay Pacific. Kelasnya sedikit di atas MAS, baik dari segi kenyamanan maupun harga yang sekitar 5-7 juta, tapi masih lebih oke dibandingkan Garuda. Pilihan lain adalah China Airlines. Dari segi kelas dan kenyamanan, sebenernya di bawah Garuda, tapi dari segi harga, dia bahkan di atas MAS, yaitu sekitar 3,5-4,5 juta. But seriously, tidak direkomendasikan deh. Kenapa? gak nyaman, transit 2 kali, mbak2nya jutek2, makanan gak enak, kurang berasa aman (kenapa ya?). Tapi kalo bisa menekan biaya, kenapa engga sih? Hehehe.. Jadi, rajin2lah men-cek harga tiket di situs2 perusahaan penerbangan itu.

Tips 2. Pertimbangkan musim ‘tertentu’ di Jepang.

Musim apakah yang gw maksud? Tentu saja musim 18 Kippu, alternatif favorit gw untuk JJM di Jepang. Dengan tiket ini, bisa menjelajahi Jepang dengan harga 11.500 JPY untuk 5 hari penggunaan sepuasnya kereta2 lokal dan rapid-nya JR. Bayangkan, dari Utara sampe Selatan Jepang dengan 1,2 juta rupiah! Murah kan? Hehehe… Kapan aja tuh waktunya? Yaitu bulan Maret-April, mid-Juli sampe mid-September, dan mid-Desember sampe mid-Januari.

Tentang bagaimana menggunakan si tiket 18 kippu ini, tentu saja bagi yang belum pernah ke Jepang dan belum mengerti sistem perkeretaapian di Jepang, susah buat ngebayanginnya. Tapi jangan kuatir, turis lain pada bisa, jadi temen2 juga pasti bisa!😉. Ingat, yang terpenting dari penggunaan 18 kippu ini adalah perencanaan perjalanan yang matang (ke mana daerah yang ingin dituju), dan penggunaan sistem informasi kereta Jepang. Bagaimana caranya? Gimana kalo googling aja? Panjang soalnya hehe..

Tips 3. Manfaatkan promosi transportasi Jepang.

Termasuk di antaranya adalah Japan Railpass yang dikeluarkan oleh JR, sebuah pass khusus naek shinkansen dan JR untuk mereka yang datang ke Jepang sebagai wisatawan. Situs resminya ada di sini, tapi buat gw, lebih enak baca infonya di sini. Japan Railpass ini terutama berguna bagi mereka yang ingin ke Jepang dalam waktu yang terbatas, dan pengen merasakan naek shinkansen, si kereta peluru Jepun yang super tenar itu. Well, tentu saja kalau  bisa bayar harganya yang cukup lumayan hehehe..

Promo lainnya adalah one-day pass dari Tokyo Metro, atau yang semacamnya dari perusahaan kereta/bis lainnya. Dalam hal ini, buku2 guide dan forum2 turis tentang Jepang cukup berguna untuk menggali informasi. Banyak kok infonya. Akan sangat beruntung kalo bisa baca tulisan rumput Jepun atau punya temen yang bisa bantuin baca. Sebabnya beberapa promosi ditujukan pada pasar domestik, jadi ga tersedia dalam bahasa Inggris. Dalam hal ini, cari teman yang tinggal di Jepun amat sangat berguna, meskipun temannya gak bisa bahasa Jepun, tentunya mereka punya teman orang Jepun dong ya.

Bagi mereka yang pengen ke negara lain selain Jepang, pertimbangkan beli tiket dari Jepang dibandingkan dari Indonesia. Kadang2 harganya jaoh lebih murah loh. Dalam hal ini, pasti harus memanfaatkan teman yang bisa bahasa Jepang. Satu situs rekomendasi adalah yahoo travel berbahasa Jepun. Tahun lalu, temen lab gw sempet ke Pulau Saipan di Pasific sono, hanya bayar 30 ribu yen/orang (kira2 3 juta) yang sudah mencakup pesawat, hotel 3 malam, dan makan pagi dan malam. Asoi gak tuh?

Tips dan info tambahan:

(1) Terkait transportasi, dimana terjadi perpindahan ke satu tempat ke tempat lain, yang perlu diperhatikan juga adalah usahakan untuk travel light tapi nyaman. Jepang adalah salah satu negara yang cukup nyaman untuk traveling dengan koper, karna hampir selalu ada elevator dan eskalator, dan jalur pedestrian yang oke. Dalam hal ini, penggunaan koper untuk membawa barang cukup membantu. Kalau bisa bawa koper, kenapa harus manggul backpack, ya ga? Tapi tentu saja ini tergantung daerah tujuan wisata. Kalau daerah tujuan adalah tempat2 terpencil di Jepun yang kekurangan elevator dan eskalator, atau pengen jalan2nya pake 18 kippu yang berpindah2 kereta itu, pasti gak nyaman dong ngangkut2 koper. Oh iya, di hampir setiap stasiun kereta/bis di Jepang, ada loker yang bisa dipakai untuk menyimpan barang. Ukuran loker yang tersedia bervariasi, biasanya besar (untuk koper besar), medium (biasanya cukup untuk backpack ukuran 40L), dan kecil (untuk backpack ukuran 20L atau barang2 belanjaan perintilan). Harganya bergantung besar loker dengan variasi dari 100 sampe 800 yen. Jadi kalau pengen transit di suatu kota selama sehari, bisa keluar dan jalan2 dengan bebas tanpa koper/backpack kita.

(2) Untuk perpindahan dari satu kota ke kota lain, sebaiknya pilih waktu travel pada malam hari. Lumayan kan ngehemat duit sewa hotel biar cuma semalem? Dalam hal ini, bis adalah pilihan termurah. Beberapa operator bis favorit gw karna murah dan cukup bearable, adalah Orion bus (in Japanese) dan Willer Express. Kalo terpaksa banget karna gada pilihan lain, JR Bus. Terpaksa soalnya mahal bo, bisa beda 2.000-4.000 JPY per tiket dengan Orion atau Willer.

(3) Kalau bisa nyetir mobil, sempatkan bikin SIM Internasional di Jakarta. Link ini menjelaskan dengan cukup baik gimana cara bikinnya. Dengan sim ini, temen2 bisa jalan2 dengan menyewa mobil. Ini adalah opsi yang baik dan cukup murah, terutama kalau mau ke daerah2 cukup ndeso yang jaringan kereta dan bisnya gak terlalu baik (frekuensi kereta/bis dikit dan tidak menjangkau tempat2 terindah di daerah itu), misalnya di Pulau Shikoku. Beberapa pilihan adalah ToCoo Travel, Toyota Rent-a-car,  dan Nippon Rent-a-car yang paling populer di Jepang. Tapi yang paling gw sarankan adalah ini: 100 yen rental car (in Japanese). Perusahaan ini nyewain mobil dengan harga 100 yen per 10 menit. Artinya, 1 jam cuman 600 yen, atau sekitar 60 rebu rp. Bahkan masih lebih murah daripada di Indonesia! Meskipun gak tersedia di semua tempat di Jepun dan sekali lagi perlu bantuan temen yang bisa berbahasa Jepun, tapi ini adalah opsi yang sangat murah. Oh iya, tapi pilihan menyetir sebaiknya dihapus kalau akan datang ke Jepang pada musim dingin, kecuali kalau punya pengalaman menyetir di jalan yang licin. Daripada daripada, kan lebih baik lebih baik😀.

Bagi temen2 yang tinggal di Jepun atau yang pernah melakukan perjalanan ke Jepun, silahkan tambahkan tips2 masing2 yang kira2 berguna. Sementara itu, kita lanjutkan ke pembahasan tentang makanan di postingan berikutnya.

18 responses »

  1. salam kenal mba, plis info mungkinkah aku + suami pergi dg 2 anak besar and 1 balita 3 tahun, tanpa pake travel?? rencananya akhir maret awal april 2013 biar bs liat sakura, dg 10,000 usd kalo pergi sendiri bisa jalan2 10D/ 8N dibanding travel yg cuma 7D / 4 N…..aku pengennya ada guide disana biar bs bantu arrange acara…susah banget browsing cari guide orang indo yak?? tq

  2. hi. saya tertarik bgt nih ke jpg,tp masih ragu2 dg pertimbangan biaya pp nya. terus kira2 pertimbangan dan kisaran biaya hidup brapa ya slama 2 bln di jpg dg housefam?ya bwt jaga2nya.
    thx.
    oh ya,anda sudah pernah kmana saja kah?slain jpg ada rekomendasi lain kah yg biaya transportnya murah?

    • Halo Anggi,

      Aduh maap banget yaa baru sempet bales komen

      Pertimbangan biaya PP ini maksudnya ke Tokyo? Yang paling murah tentu saja dengan AirAsia, walaupun harga tiket murahnya tergantung kapan dia lagi sale ya hehehe. Kalo harga normal dengan maskapai lain, rasanya bisa dapet dengan harga 5-6 juta ya.

      Kisaran hidup dengan housefam? Host family maksudnya? Artinya akomodasi ditanggung? Hmm, kalo ada akomodasi sih 50-60 ribu yen hidup udah memadai banget kok.

      Udah pernah kemana aja yaa.. paling negara2 asia, beberapa negara di Eropa, ama ke US. Yang transportnya murah? Asia Tenggara lah.. gak diragukan lagi itu sih..

      Semoga membantu..

      Salam, Qnoi

  3. Nice info
    Salam kenal, gw rencananya tahun ini mau ke jepun mau main ke cewek gw yg lagi kerja disana osaka.
    cmn gw blm pernah ke LN, pasport pun baru mau bikin.
    yang gw mau tanyain biaya tiket pesawat yang murah pake pesawat apa yah?? gak pa2 deh transit 2x juga..
    Thanks

  4. qnoi, salam kenal.
    gue rencananya akhir nov nih mau ke KYOTO.
    gue udah dapet penginapan 0 rupiah.😀
    numpang nginep.

    cuman, karena gue backpacker newbie banget buat ke LN, pertanyaan gue hal sederhana : Buat komunikasi sama temen disana, mending kita ganti SIM card sana, ato tetep pake SIM card kita dari sini?
    Trus, mending udah bawa YEN, atau bawa USD, trus di tuker Yen disana?
    thx.

    • halo danialrifki, salam kenal juga.

      waw, slamat datang di Jepang, the strange country hehehe.
      Oke, soal pertanyaan2mu:
      1. komunikasi. Disini gak kaya Indonesia dan negara lain yang bisa gontaganti SIM card, karna sistemnya ponselnya beda. Sampe skarang aku belum menemukan cara yang paling efektif untuk berkomunikasi selain melalui telepon umum (kita ke temen di Jepang), dan SIM card Indonesia (temen di jepang ke kita). Cara lain adalah dengan nyewa ponsel Jepang, yang biasanya tersedia di bandara2, cuman harganya agak2 mahal aja gitu yah, tapi ini cara paling gak ribet sih.

      2. soal yen, dari sisi nilai tuker, lebih baik di Jepang karna dapetnya bisa lebih banyak. Cuma gak di semua tempat bisa tuker Rupiah ke Yen (aku gak tau dimana aja, kalo gak salah di bandara bisa). Kalo mau bawa yen, dan persediaan USD untuk dituker ketika masa2 emergency aja. ya tapi jadinya nuker dua kali sih. Mana yen lagi tinggi lagi terhadap dollar.

  5. Hmmm , I am thingking of going this mid nov but cancelled and change to march -april, sakura tu tangga berapa siih? Pengennya kekota laen , tokyo udah bosen heheehe kebenran aku kerja di Japan airlines utk shinkansen bs jg ko dibeli di JAL, mau tanya , kippu tuh musim liburan di jepang yah? Aku mau pergi rombongan ni , infoin donk tmpt nginepnya thanks ya

    • halo irni,

      sakura itu biasanya akhir maret ato awal april, tanggalnya beda2 sih tiap taun..

      kippu… 18 kippu maksudnya? mungkin iya juga sih bertepatan ama musim liburan, coba aja cek di link yang aku kasi di postingan ini.

      untuk tempat nginep, coba baca di postingan sebelumnya tentang akomodasi, emang mo ke kota mana?

  6. qnoi, ada referensi ryokan di osaka ga? kalo beli japan railpass di mana? bisa langsung dapet tiketnya? thx banget

  7. nanya donk, kalo kita udah naek kereta trus turun khan ga lgsg di obyek wisata, trus murahnya naek apa? kalo dari narita k kota murah naek apa? thx

    • Halo sharla,

      Jawabannya adalah, naek kaki. Jalan kaki dong. Biasanya tempat wisata itu gak jauh2 amat dari stasiun. Kalau jauh, biasanya ada tempat penyewaan sepeda. Bisa juga naek bis kalo udah terlalu jauh.

      Kalo dari Narita ke kota murahnya naek apa, tergantung mo kemana. Saya sarankan coba cek ke http://www.hyperdia.com untuk bandingin harga jalur kereta dan jamnya. Untuk harga bis, liat aja di websitenya bandara Narita.

      Met jalan2 di Jepun..

  8. Noi, aku waktu brangkat ke Jepang, naik MH. Soalnya aku brangkat dari Medan – KL – Osaka. Fasilitas nya memang oke. Makanannya juga memuaskan, baik itu Medan – KL, maupun KL – Osaka. Nanti balik ke Indonesia juga pake MH. Harga tiket paling Murah nya 26.000 Yen (termasuk pajak) Osaka – KL. Sempat nge-cek harga GA, lumayan mahal. Osaka – JKT – Medan harga nya 54.000 Yen.
    Kata teman sih Philipine Airlines juga murah sekitar 30rb an untuk PP (Osaka – Jkt) transit (nginap) di Manila. Jadi lumayan jalan2 dulu semalam di Manila.

  9. Aku suka terbang naik MH dibandingkan CX. Untuk harga yang lebih murah, tapi pelayanannya tidak mengecewakan. Walau dengan catatan, penerbangan CGK-KL dan sebaliknya masih lebih enak naik GA (makanannya gak enak dan pesawatnya sekelas dengan GA lah)… tapi pas KL-NRT dan sebaliknya: pol abis…😀. Apalagi waktu dapet harga diskon… hehehe…

    PS: ini bukan tidak nasionalis, tapi justru supaya GA bisa memperbaiki performancenya. Ayo semangatttt!!!

    • PS: MH=Malaysia Airlines, CX=Cathay Pacific, GA=Garuda Indonesia.

      Iya bener. Beberapa temen sempet dikritik karna katanya gak nasionalis, pulang ke Indo mah pake GA aja. Tapi ini bukan soal nasionalis ato engga, ini masalah kualitas dan kenyamanan pelanggan dong. Ketika GA udah bisa menyediakan tingkat kenyamanan, harga dan kualitas yang sama atau minimal bisa bersaing, gak diragukan lagi, pasti banyak yang beralih ke GA deh.😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s