Olahraga

Standard

Kalau dipikir2, cuma ada satu alasan yang bisa bikin gw mau berolahraga. Bukan kesehatan, tapi karna baju2 pada gak muat dan sayang aja udah beli mahal2 ato lucu2, taunya ga bisa dipake lagi. Nah, begitulah yang terjadi akhir2 ini sampe akhirnya gw membulatkan tekad bahwa udah waktunya kembali sedikit menggerakkan badan.

Dari semua jenis olahraga, gw paling suka lari. Menurut gw, memang betul bahwa lari itu bisa menyegarkan pikiran. Terutama pas waktu paru2 rasanya udah mau kebakar, dan mulai memperlambat langkah supaya bisa bernapas, udahannya tuh rasanya segerr…  Sayangnya, si G suka susah diajak lari bareng. Padahal kan serem juga lari sendirian di subuh buta ato malem2 (berhubung waktunya adanya cuma itu). Jadi harus cari cara lain deh.

Pilihan lain mulai gw list. Lanjutin aikido? Gada dojo deket rumah, kalo pake extra effort pasti cuma tahan bentar. Nyari dance2an gtu kaya saran iche? Gada deket rumah. Adanya deket kampus, jaohh. Fitness2an? Ide yang bagus sebenernya. Berhubung tepat di belakang rumah ada pusat olahraga. Setelah bertanya2 kesana bersama tetangga yang kebetulan juga lagi pingin olahraga, kesimpulannya adalah ogah. Alasan utama adalah karna merasa dirampok. Gw ga nyangka, ternyata fitness2an itu mahal ya bo?! Eh, ga fitness aja sih, jadi disitu ada fitnessnya, ada kelas2 kaya yoga, aerobik, dance, ada kolam renang, ada sauna juga. Enak sih, tapi skema keangotaannya itu.. Wajib jadi anggota selama setahun. Bagi kami yang risetnya butuh kerja lapangan selama berbulan2, rugi aja bayar buat bulan2 dimana kami gak ada di jepun. (dasar perhitungan hihihi..).

Waktu ngebahas soal pusat olahraga ini, si G tampak mulai tertarik ikutan. Doi pengen renang katanya (dan mungkin gemes pengen ngajarin gw si pisces yang ga bisa berenang hihi.. ). Berhubung mahal, akhirnya opsi yang ada tinggal lari, balik lagi deh. Setelah ditilik2, ternyata tampaknya yang bikin G males lari adalah karna gw terlalu semangat en dia males dipaksa2 ngimbanginnya. Uh, gmana gak gemes, baru brapa menit udah pingin udahan lagi.. Baruu juga panas.

Tapi gw tiba2 ingat cara jitu yang bisa bikin doi mau lari (dan sebenernya merupakan inti yang mau gw sharing kali ini hehehe..). Yaituu, program latihan lari selama 30 menit dalam 3 minggu (daftar disini), kiriman kakak ipar tercinta. Program ini pas buat pelari pemula kaya kami berdua. Dalam 3 minggu, tiap hari kita dikirimi email yang berisi program latihan lari untuk hari itu. Dimulai dengan lari bentar2, tapi semakin hari semakin nambah menitnya. Contohnya, hari pertama, warm up dengan jalan 5 menit, kemudian lari 1/1 sebanyak 10x. Artinya, lari 1 menit lanjut dengan jalan 1 menit, diulangi sebanyak 10 kali. Kemudian ditutup dengan cool down, dengan jalan 5 menit. Hari kedua, paketnya sama. Hari ketiga libur. Hari keempat, mulai nambah, jadi warm up 5 menit, 2/1 sebanyak 5 kali, kemudian 1/1 sebanyak 5 kali, lalu cool down 5 menit. Hari kelima juga sama. Hari keenam libur. Hari ketujuh, nambah jadi 3/1. Dan seterusnya.

Yang gw seneng dari program ini adalah.. ada waktu liburrrrr yayyy hihihi. Jadi ada waktu untuk ngembaliin otot2 kaki yang pegal2 setelah sekian tahun dormant ga pernah dipake lari. Ternyata paket ini pun cocok buat G. Dan karna ada G yang disiplin, jadi bisa ngedorong gw untuk disiplin lari tiap hari, jadi cocok juga bwat gw. Ah, mudah2an bisa  bertahan sampe hari ke-21 ya, G.

PS: tapi kok berat badan gw ga ada perubahan yaa? Hiks.

6 responses »

  1. Bravo iiihh… Gw dari dulu suka banget lari, tapi selalu keren di perencanaan dan gagal d implementasi (sounds like something too familiar ;P) dan ujung2nya olahraga yang ga bisa gw tinggalkan cuma yoga dan renang.

    • Wahhh.. ayo yoga yoga.. aku gak bisa renang siiii.. tapi kayanya kalo bisa menyenangkan deh. Belajar berenang ada dalam salah satu list mimpi gw nih hehehe..

  2. Wahh.. Smg sukses n bertahan ya noy programnya. Mungkin berat badannya belum turun aja. Apalagi program d minggu2 pertama kan itu sptnya hanya untuk mbantu lo mjadi terbiasa dgn lari, tp kalori yg terbakar msh jauh lbh sdikit drpd kalori yg masuk dr mknn. Jd yg perlu dperhatiin jg adl pola mkn. Dibanding pagi2, kl gw mnding olahraga malam biar mbantu sbgn klori tbakar sblm gw bobo.. Bobonya jg jd seger. Stlh olahraga mlm ga usah mkn lg, apalagi mkn berat. Terus satu lg, programnya jgn smpe bikin stres, jd lu mending cari tau gmn cr mpertahankan program ini plus pola mkn tp ttp mnikmati🙂 ganbaroo (bwt gw jg)

  3. Kayaknya ini yang penting buat orang seperti kita-kita ini, #Q… butuh ‘goal’. Kalo larinya ada ‘program, goal and achievement’, kayaknya lebih bermakna ajah.

    Yah, tujuan olahraga sih biar sehat, tapi sehat itu rada susah ngukurnya euy. Kalo ada program seperti ini, kan jadi ada ukurannya ya? …

    Asyiikk, hari ini libur… dan besok mulai yang 3/1…kuat gak ya?😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s