Hidup mahasiswa di Jepun

Standard

Beberapa waktu lalu ada yang ngirim komen via japri. Komennya minta diceritain tentang gimana sih sebenernya kehidupan sebagai mahasiswa di Jepang, suasana kampusnya, suasana risetnya, suasana pertemanannya, dan lain sebagainya. Kayanya sih sebenernya udah banyak blog yang cerita tentang itu. Gw yakin pengalaman tiap orang beda-beda, mungkin ada baiknya kalo gw sharing juga disini. Sapa tau ternyata junior di mantan kampus ada yang tertarik ke jepun. Jadinya bisa cukup relevan lah hehe.

Berhubung banyak banget nih critanya, gw mulainya dengan ngelist dulu beberapa hal yang kayanya cukup menarik, dan berbeda, dari yang pernah gw alami di indo. Crita lengkapnya nyusul yaaa hehehe.. (dowey banget sih ngelist2 gini)😀

  • trip lab. Belajar sambil gaul
  • seminar mingguan
  • kuliah dan tugas
  • gaya belajar dan presentasi
  • fasilitas pendukung
  • kesempatan pengembangan diri di dalam dan luar kampus
  • tetek bengek sbg mahasiswa: urusan visa, rumah tinggal, perpanjangam beasiswa,
  • kesempatan konferensi, bergabung dalam komunitas akademik, logistik konferens, dkk
  • gaya bimbingan ala jepun, tepatnya ala sachi, ato di lab sachi
  • temen2 lab dan pengelompokan berdasarkan karakter belajar
  • kelompok2 belajar kecil
  • mahasiswa asing dan indonesia, dan perkumpulan2 pelajar
  • publikasi hasil studi

4 responses »

  1. ohayoo mbak qnoi

    1. di lab mbak khususnya ada berapa orang mahasiswa nya?

    2. di setiap lab ada pembatasan gak untuk quota mahasiswa indonesia ?

    arigatoo gozaimasu

  2. Eh sugan teh udah ditulis. Ditunggu yaahhh…
    Gw juga pingin bikin dengan tempat diganti Belanda, tapi kyknya udah banyak juga ya. Tapi mungkin kalo testimonialnya dari pelajar yg doyan party kyk gw beda kali ya. hehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s