Elu, sadis apa nurut?

Standard

Suatu hari gw diminta tolong buat dateng ke pertemuan club-nya temen gw buat ngajar bahasa Indonesia yang dasar-dasar aja. Isinya orang Jepang semua, termasuk temen gw itu. Berhubung yang dateng adalah anak-anak baru dan lintas kampus, tentu ada acara perkenalan dong. Nah, si temen gw ini, memang punya jiwa fasilitator dan banyak ide tentang games yang seru2. Jadi dia mengusulkan, untuk perkenalan gimana kalo pake game aja. Kira2 bentuk percakapan kami yang campur2 tiga bahasa (Jepang, Inggris, Indonesia) itu adalah begini:

Temen Q (R) -semangat ’45-: “Ya, semuanya.. mari kita memperkenalkan diri masing2, tapi biar seru, mari kita sambil maen game aja..”

Partisipan Lain (L): *misuh misuh sendiri*

R: “Jadi aturannya adalah blablabla….. (lost in translation). Ya kaya biasa ajaa, tau kan gamenya?”

L: “Iya, tauuuu.”

Q -agak lemot mentranslate-: “Hayooookkkkkk.. Jadi gimana aturannya?”

R: “Jadi, kita ngenalin diri dengan sebutin nama, asal kampus dan jurusan, dan apakah kita S atau M”

Q: “Okai….. bentar, maksudnya S dan M?”

R: “Ya lu tau lahh, S buat sadomis, dan M buat masokis.”

Q -SHOCK-: “WHAT??????”

Kali gara2 ngeliat muka gue pucat karna syok, temen gw langsung sadar tentang apa yang salah.

R: “No no no, bukan ituuu maksudnya… “

Q: “Jadi maksud lo???”

Jadi maksud dia, S/M itu berkaitan dengan kepribadian kita apakah dominan atau tidak, yah kurang lebih sama dengan arti aslinya, minus konteks ‘khusus’ dalam arti aslinya. Karna gw tampak masih syok, dia langsung bilang kalo pertanyaan kaya gitu cukup lumrah kok di Jepang buat perkenalan kelompok. Malah bagus soalnya bisa bikin orang lain kenal ama kita.

Dari penjelasannya dia, gw simpulkan kalo si S/M di Jepang ini tuh kayanya semacam Personality Plus gitu deh di Indo. Tiba2 inget jaman mulai kuliah dulu, salah satu materi interaksi di himpunan adalah ngebahas kepribadian elu itu Sanguinis, Melankolis, Kolerik, atau Plegmatis. Kaya gitu kali yaa? (yang dijawab temen gw dengan, ‘YES!’)

Tapi ujug2 ditanya ‘elu S atau M?’ tetep aja bikin syoookkk …-O

PS: Nulis ini gara2 gw selalu teringat ama temen gw itu dan momen ini setiap kali denger lagunya Rihanna ‘S&M’ di radio..😀

8 responses »

  1. Bener loh mbak, istilah S ama M dipopulerkan ama “owarai geinin” (comedian) Matsumoto Hitoshi, dari duo Downtown, yang acara paling terkenalnya “Zettai Waratte ha ikenai” series. Lumrah, buat orang jepang yang “gaul”, tapi kalo buat orang2 tua, samasekali “away”😀

Leave a Reply

