Mari olahraga

Standard

Postingan kali ini adalah postingan non-PhD, cape juga mengkritik diri sendiri haha… Kali ini temanya adalah hidup sehat dan bebas stress. Yahuuuuu…. Mari mari…

Akibat stress terpendam yang dilampiaskan dengan makan enak di Jepang tanpa kontrol, alhasil gw meng-super gendut dalam 5,5 tahun terakhir ini. Bayangkan, gw naik 20 kilo dong hahahaha, seru beneerrr. Gapapa, menikmati hidup mumpung masih blum penyakitan *excuses excuses*. Sebenernya concern gw cuman satu, dua ding. Bukan gendut dan tidak seksi, tapi baju pada gak muat dan ngos2an pas jalanan mendaki dikit😀. Kalau saja gw adalah milyuner, bisa tinggal blanja baju dan mobil.. sayangnya bukan belum *optimisssss*.

Dengan niat gak niat, akhirnya gw mulai melirik olahraga. Secara kita mahasiswa miskin begitu, gak mampu ke gym atau ikut kelas khusus atau beli alat khusus, maka kriteria utama adalah terjangkau. Lalu, untuk mempertahankan motivasi, olahraga itu perlu menyenangkan, benar? Kemudian, effortnya cukup tapi tidak berlebihan. Alias, dekat dari rumah. Dengan tiga kriteria itu, sejauh ini ada tiga jenis olahraga yang udah pernah gw coba dan I looove them all. Apa aja coba?

1. Lari

Alasan: gratisan, mudah, cape, stress berkurang karna kecapean😀

Kekurangan: males kalo ujan, panas, dingin, dan alasan2 cuaca lainnya, plus males kalo sendirian sementara si gendut ini susah banget diajakin. *padahal katanya dalam susah dan senanggg..*

Petunjuk: Daftar disini untuk dapet imel harian tentang course lari kita hari itu. Highly recommended karena sesuai buat beginner pemalas kaya gw hehe. Trus ada hari liburnya pula, yahuu..

Reality check: berhasil selesai sampe hari ke-21. sempat pingin nyobain course buat lari 5k. tapi sejak itu gak pernah lagi karna balik ke Indo buat survey, pulang2 udah musim dingin, trus sibuk ajah ama macem2.

2. Curvy dance

Apa itu? Jenis aerobik yang akhir2 ini populeerrr banget di Jepang. Ceritanya, penciptanya adalah ibu Hiromi Kashiki, yang pengen ber-aerobik dengan menyenangkan. Setelah bertahun-tahun nyobain macem-macem, berhasillah dia menciptakan si Curvy Dance ini, yang katanya juga oke buat menguruskan badan. Gw tau dari TV yang sempat seminggu tuh penuh liputan soal si ibu ini, sampe mo mesen dvd-nya aja nunggu hampir 2 bulan kali. *korban iklan*

Mo liat kaya gimana bentuknya? Lihat disini. Itu si ibunya umurnya udah 40 tahunan loooohh. Ah, I wish yaa berumur 40 taun dengan bodi kaya begitu. Ringan kali ye dipake jalan.

Alasan: seru, ga berisik alias bisa dilakukan di apato Jepang nan sempit dan tak tahan banting itu, capeee dan stress free

Kekurangan: gak cocok buat orang yang tau malu😀

Petunjuk: ikutin aja dvdnya yang bisa dibeli di amazon.jp (dvd 1, dvd 2). Bahasa Jepun sih di menu dvdnya, tapi tinggal diklik aja bukan?

Reality check: cuma bertahan 1 minggu soalnya si nyokap mau, jadi dvd punya gw dikirim ke Indo. Beli lagi baru dateng nih berapa hari lalu, blum dicobain lagi.

3. Zumba

Apa itu? Baca di wikipedia sini aja. Contoh gerakannya ada disini atau disini.

Alasan: seru bangetttt, musiknya menyenangkan dan bikin bersemangat, dan bisa bergaya bebek semaunya😀 Maksudnya kalo susah ngikutin gerakannya, improv sesukanya aja.

Kekurangan: gak cocok buat apato sempit, kudu pake spatu, dan… mahal! dvdnya mahal, kelasnya mahal, spatunya mahal, gyaa.. tapi seruuuu.. jadi gw bela2in gitu dimarahin ama si gendut gara2 zumba bikin tambah boros *aslinya emang udah boros*

Petunjuk:

  • ikutin aja dvdnya. ada buku petunjuknya juga yang ngasi tau course 7 hari, ato course diet 10 hari, dkk, plus ada resep2 masakan sehat juga. dvdnya bisa dibeli di amazon dkk atau di situsnya.
  • biar seru, ikutan kelas. banyak instruktur zumba kokk di Indonesia juga. Si gw, berniat mau ikutan kelas zumba dari neng Kana. Murahh, cuman 500 yen sekali dateng hehehe..

Reality check: baru sampe hari ke-7, baru sampe level dua: activate. masih bertambah cinta tiap hari.

Jadiii.. ayoooo olahragaaaa…

* Postingan ini tepatnya ditujukan sebagai motivasi biar tetap berkomitmen ama tiga2nya. Malu dong ah udah ditulis di sini, skalian memberi si gendut bahan cercaan kalo gw lagi males. Dengan begitu gw jadi sebel ama dia, dan termotivasi untuk membuktikan sebaliknya ahahaha..

4 responses »

  1. Mami kino!!! Thank you for the post lho!! Sebenernya sama nih, lagi nyari cara menguruskan badan yang ahey ini. Jadi aja aku daftar email course lari itu. Trus pas ngeliat curvy dance itu, menarik juga *jadi pengen DVD-nya ;P*. Buat zumba, abis ini mau nyari mainan xbox 360-nya ah trus invasi rumah abang aku buat main kinect-nya. Hahaha!

    Very interesting writing, mami! Ditunggu berita hasilnya.😀

    • Hahaha.. alhamdulillaaahh ada gunanya juga gw nulis😉. Eh, si curvy dance itu coba tanya ke Iche, soalnya gw baru ngadoin doi pas ultah kemaren si dvd itu tehh.. Dan soal zumba, ayooooo beli aja hehehe.. gw nyari buat wii tapi mayan mahal juga. Gw lagi ikut kelasnya si neng Kana nih, dan baru berasa, si gw gendut bener yakk.. berat aja gituu dibawa loncat2 haha..

      Oia, nambahin postingan dikit, gw juga lagi nyoba jadi half-vegetarian nih😀. Nyoba menghindari daging sapi dan ayam, walopun masih makan dikit2😀.. Skarang targetnya 3 hari dulu deh *hihihi, gak ngaruh gitu :D*.. kalo berhasil, nambah jadi seminggu deh. Ngaruh gak ya?😀

Leave a Reply

