[Personal] Resolusi 2012

Standard

Selamat datang di tahun baru. Sebenarnya lebih tepat di usia baru. Hari ini saya merayakan apa yang saya sebut sebagai usia kedewasaan. Ya, betul, meminjam istilah seorang teman, usia upgrade ke versi 3.0.

Sebenarnya saya juga kurang paham, kenapa orang-orang sering heboh dalam menyambut usia baru dalam hidup mereka. Bagi saya, tidak ada perbedaan signifikan antara usia 20-, 30-, 40-an, sebab bertambah tua tidak berarti bertambah dewasa. Saya setuju dengan Bryan Adams, 18 till I die.

Tidak ada pula sesuatu yang istimewa dengan ulang tahun bagi saya. Kecuali bahwa pada hari itu, hari ini, setiap tahun, adalah saat di mana saya melakukan evaluasi dan perencanaan hidup. Bila orang lain membuat resolusi di tahun baru, saya membuat resolusi di usia baru. Dan tahun ini adalah spesial karena beberapa alasan.

Satu, selain usia baru, tahun ini saya memasuki dekade baru, yang berarti evaluasi skala besar. Yang berarti, saatnya saya membuat grand plan, target, dan strategi untuk 10 tahun mendatang, dan mengkaji ulang apa yang telah saya rencanakan 10 tahun lalu.

Dua, dalam tahun ini saya akan keluar dari zona nyaman. Kemarin, saya lulus, membuat saya harus merelokasi tempat tinggal. Sekarang, dua rencana perjalanan besar menunggu di depan mata, yang satu adalah perjalanan menemukan kembali impian hidup, dan yang lain adalah perjalanan menemukan kembali arti hidup. Besok, pintu-pintu kesempatan akan mulai bermunculan di depan mata, dan pilihan apapun yang saya ambil akan menjadi pilihan yang mengubah hidup.

Tiga, tahun ini, saya akan mencapai setengah dari “jatah” hidup saya. Menurut kepercayaan relijius yang saya anut, usia manusia adalah 60 tahun, dan sisanya adalah bonus. Apakah saya akan mencapai atau melewati usia itu, hanya Dia yang tau. Yang saya tau adalah bahwa saya hanya punya sisa “jatah” setengah masa hidup untuk menjadi berguna bagi orang lain. Dan karena itu, saya harus berusaha lebih keras lagi. Di paruh awal masa hidup, saya sudah banyak menerima dari semesta. Di paruh akhir masa hidup, saya harus membalas apa yang telah saya terima dengan banyak memberi pada semesta.

Karena alasan-alasan itu, saya memutuskan untuk melakukan beberapa perubahan. Dan perubahan pertama yang ingin saya bagi di sini, dan merupakan rencana pertama yang ingin saya wujudkan, adalah perubahan pada blog ini.

  1. Saya ingin melakukan perombakan total dalam hal tujuan, bentuk, isi, dan gaya bahasa yang saya gunakan, yang akan saya lakukan dalam beberapa minggu ke depan, sedikit demi sedikit, sampai sesuai harapan.
  2. Saya ingin menulis dan berbagi menjadi kebiasaan. Artinya, saya harus belajar menulis dengan teratur. Untuk belajar memenuhi komitmen, saya harus menerapkan “tantangan menulis”. Karena katanya butuh waktu 30 hari untuk menjadikan sesuatu sebagai kebiasaan, maka tantangan terbesar adalah menulis selama 30 hari. Tapi perubahan tidak terjadi dalam semalam, dan karena itu saya akan menerapkan tantangan ini secara bertahap.
  3. Saya ingin mencari bentuk archiving yang memudahkan untuk mencari informasi tertentu. Ide terbaik sejauh ini adalah membuat indeks tulisan yang dikelompokkan berdasarkan tema tertentu. Ide lain adalah memanfaatkan fitur kategori, tag dan page/sub-page yang ditawarkan wordpress. Saya belum bisa membayangkan detilnya, tapi mari kita lihat dalam beberapa minggu ke depan yang mana yang paling optimum menurut saya.
  4. Kemudian untuk menjaga motivasi menulis, saya akan memilih satu tema tulisan setiap bulannya dan mengeksplor berbagai sisi tema tersebut dalam postingan terpisah dan (moga-moga) singkat. Salah satu kelemahan terbesar saya dalam menulis adalah membuat tulisan yang singkat, padat dan jelas. Lihat saja postingan ini, awalnya hanya bermaksud menulis dua/tiga paragraf, jadinya sepanjang ini. Tapi tak apa, supaya sekalian bisa mencatat berbagai rencana. Jadi, salah satu tugas saya adalah belajar membagi informasi menjadi beberapa tulisan singkat.
  5. Terakhir, saya ingin belajar menulis dengan baik. Karena itu, mulai sekarang saya hanya akan menulis dalam bahasa Indonesia yang (mudah-mudahan) baik dan benar, walaupun mungkin masih ada beberapa kalimat/frase bahasa Inggris yang terselip. Tetapi karena saya juga ingin menjaga, bahkan meningkatkan, kemampuan berbahasa Inggris, saya sedang berpikir untuk membuat blog terpisah dalam bahasa Inggris. Untuk yang satu ini saya masih pikir-pikir, dan akan memutuskan bulan depan.

Sekarang mari kita bicara target. Saya berencana melakukan pengubahan dan uji coba dalam waktu satu bulan. Sistem yang sudah terbentuk akan dipakai selama tiga bulan untuk kemudian dievaluasi ulang. Dan sistem baru ini akan dipakai selama total 1 tahun. Pada usia baru saya tahun depan, saya akan kembali melakukan evaluasi tentang pencapaian rencana menulis ini. Moga-moga, dalam dekade ke-3 dalam hidup, saya sudah dapat menjadi dewasa, dengan mampu memegang kata-kata dan komitmen yang telah saya buat hari ini. Amin.

Good luck, Q!

8 responses »

    • Ogah ah, beni makannya nasgor doang siii, itu mah gw bikinin bekel aja buat lo hehehe..

      8 taon lagi? Amiiiiiinnnn gw doain dari skarang deh kalo gitu..

  1. Growing up is overrated😛 but being 18 till I die means I can’t drink alcohol. Soo.. 22 till I die? Hehe..
    Happy birthday Noy. Wish you to grow young and give the world your shine.

Leave a Reply

