Publikasi (2009): Solid Waste Management at Neighborhood Level in Jakarta, Indonesia

Standard

Ehm, tampaknya masa paling produktif gw ngeblog adalah saat2 under pressure dehhh😀. Berhubung skarang udah mulai under pressure lagi karna ngebantuin G ngerjain tesisnya, mulai deh motivasi ngeblog meningkat tajam hahaha.

Eniwei, postingan ini adalah awal dari serangkaian postingan berisi publikasi2 minor yang pernah gw lakukan selama kuliah post-grad. Minor soalnya bentuk publikasinya adalah dalam konferens, dan bukan dalam jurnal atau buku. Ih… ternyata, semalas itu ya gw dulu publish? Sekarang juga masih punya utang dua paper jurnal sihhh ama si babeh. Tapi kan udah lulus yaa, masih ngutang gak kalo gitu?

Kembali fokus, tulisan ini adalah publikasi pertama gw sebagai mahasiswa post-grad. Waktu itu blom tau mo mengarah kemana risetnya. Jadi nulis berdasarkan apa yang udah punya deh. Aneh ya, ngumpulin data sebelum tau risetnya mo kemana. Meskipun kayanya semua mahasiswa juga begini deh, ya gak? Mungkin sebenernya udah tau kira2 mo ngeriset tentang apa, tapi detilnya gimana tuh gak ngerti. Jadi ambil dulu deh data dasar, baru nanti ngembangin dari situ. Kata bang asis waktu itu, udah pokonya tulis paper dulu aja, konferens ini kok. Lagian pengalaman. Jadi gw okein.

Publikasi pertama dengan judul “Solid Waste Management at Neighborhood Level in Jakarta, Indonesia“. Di-submit tanggal 28 Mei 2009 untuk konferensi Japan Society of Material Cycle and Waste Management Experts ke 20 di Nagoya. Bentuk publikasi: poster dan oral. Hasilnya: not bad, menang “Best Poster Presentation Award”. Hihihi, babeh2ku langsung bahagia dan bragging kemana2.. Aww, missing them so much, terutama babeh Sachi yang lucu itu!

Kembali gw harus menuliskan DISCLAIMER:

Gw memegang seluruh hak intelektual dari tulisan2 yang bersifat akademik dalam blog ini. Sebagai bagian dari kaum akademisi, gw sangat menentang plagiarisme alias contek mencontek. Kalo mau make sebagian ato seluruh bagian tulisan ini, MOHON DITULIS SUMBER YANG LENGKAP, terutama karena tulisan ini sudah pernah dipublikasikan dalam kegiatan akademik.

Sumber kutipan yang lengkap adalah:

“Tahir, A., Yoshida, M., & Harashina, S. (2009) Solid waste management at neighborhood level in Jakarta, Indonesia. Proceedings of the 20th Conference of Japan Society of Material Cycle and Waste Management Experts 2009.”

Filenya dapat di-unduh disini: Publikasi 2009-01 Full abstract dan Publikasi 2009-01 Poster. Selamat membaca, belajar dan terinspirasi!😉

NOTE:

Bagi teman2 akademisi di bidang yang sama (sampah, lingkungan perkotaan, dan semacamnya) yang berminat ikut konferens ini, website Japan Society of Material Cycle and Waste Management Experts (JSMCWM)  bisa dilihat di sini (Japanese) atau di sini (English)

One response »

  1. Dear Mbak Q-noy, perkenalkan saya Nurussakinah, (fresh graduate dr jurusan kesehatan lingkungan).

    Mbak, boleh minta emailnya ga Mbak? saya ingin banyak berdiskusi dengan Mbak terkait penelitian Mbak. karena saat ini saya sedang melakukan penelitian yang mirip (beda area penelitian) sekaligus ingin mengajukan beasiswa G to G.

    Terima kasih.
    Nurussakinah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s