Publikasi (2009): Community Initiatives in Environmental Management

Standard

Postingan kedua yang isinya publikasi riset. After all, apa gunanya bikin publikasi kalo gada yang tau, ya ga? *narsis :D* Mmm.. pasti ada yang tau sihhh, setidaknya orang2 yang dateng ke konferens di mana gw presentasi itu. Tapi masa terkubur di situ doang? Diyakini mereka juga langsung lupa ama presentasi gw. Gada yang nanya gitu lohh. Eh, kayanya ada deh tapi temen lab gw sendiri hihihi..

Kalo diinget2, tulisan ini adalah satu dari sekian milestones yang gw lalui di masa post-grad. Milestone apakah itu?

  1. Menulis full paper pertama!
  2. Daftar konferens di luar negeri, eh luar Jepun maksudnya. Mmmm, sebenernya sebelumnya udah pernah ikutan konferens di luar negeri juga siiiiiiihhh, tapi temanya beda ama riset post-grad gw, jadi itu gw anggap sebagai bagian dari pekerjaan dan bukan studi.

Selain itu, kalo gw amati skarang nih, setelah lulus, kayanya perkembangan studi gw itu bisa diliat2 dari paper2 yang dipublikasi. Ya iyalah yaa, namanya juga proses belajar. Kayanya ini deh yang menjadikan seseorang itu ‘expert’ di bidangnya. Ehm, tentunya kalo dia punya interest yang konsisten dan terus mengikuti perkembangan jaman ya. Iya, soalnya gw merasa tulisan terbaru itu kaya mengapdet atau malah membantah tulisan gw sebelumnya. Bisa jadi publikasi lama dan baru itu agak2 kontradiktif. Mungkin karna si penulis baru nyadar kalo jalan pikiran dia selama ini salah dan perlu mengembalikan argumennya ke jalan yang tepat kali yaa.. eh, ini apa gw doang?😀. Tulisan gw ga pernah bener2 kontradiktif sih. Berubah fokus mungkin adalah kata yang tepat.

Anyway, isi tulisan yang kedua ini adalah sedikit ‘twist’ dari publikasi pertama gw minggu kemaren. Mmm, katanya nih, kita bisa tuh make data yang sama untuk publikasi yang berbeda, asal sudut pandangnya lain. Nah, ini yang waktu itu gw coba. Kali ini sudut pandangnya lebih berat pada tema CSR (Corporate Social Responsibility) dan bukan manajemen lingkungan berbasis komunitas.

Publikasi kedua dengan judul “Community Initiatives in Environmental Management: Comparing Community Organizations with CSR-supported Community Activities“. Abstrak di-submit tanggal 30 April 2009, nulisnya barengan nih ama abstrak buat konferens Nagoya di tulisan minggu kemaren. Konferensnya adalah International Society for the Third Sector Research (ISTR) Asia Pacific Regional Conference yang ke-6 di Taipei, Taiwan. Bentuk publikasi: oral. Hasilnya: presentasi oke, paper kurang memuaskan dan tidak memenuhi standar pribadi, tapi seenggaknya apa? Yak betulll, pengalamannn.. Ya iyalah gak puas, orang baru selesai beberapa hari sebelum konferens hehe… Submit full paper opsional doang sih, gak termotivasi penuh deh.

Sebelum ke file yang bisa diunduh, kembali gw harus menuliskan DISCLAIMER:

Gw memegang seluruh hak intelektual dari tulisan2 yang bersifat akademik dalam blog ini. Sebagai bagian dari kaum akademisi, gw sangat menentang plagiarisme alias contek mencontek. Kalo mau make sebagian ato seluruh bagian tulisan ini, MOHON DITULIS SUMBER YANG LENGKAP, terutama karena tulisan ini sudah pernah dipublikasikan dalam kegiatan akademik.

Sumber kutipan yang lengkap adalah:

“Tahir, A., Iseki, T., & Harashina, S (2009) Community Initiatives in Environmental Management: Comparing Community Organizations with CSR-supported Community Activities. The 6th ISTR Asia Pacific Regional Conference, Taipei, 1-4 November 2009.”

Filenya dapat di-unduh disini: Publikasi 2009-02 Abstract. Maap ya, full papernya ga diaplod soalnya malu deh, kualitas tulisannya agak2 mengecewakan soalnya hihihi…  Anyway, selamat membaca, belajar dan terinspirasi!😉

NOTE:

Bagi teman2 akademisi di bidang yang sama (sampah, lingkungan perkotaan, CSR dan semacamnya) yang berminat ikut konferens ini, website International Society for the Third Sector Research (ISTR) bisa dilihat di sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s