Publikasi (2010): Surabaya’s Context of Community Involvement in Solid Waste Management

Standard

Publikasi keempat dalam hidup postgrad gw, adalah kembali ke konferens pertama terkait sampah yang pernah diikuti yaitu Japan Society of Material Cycle and Waste Management Experts. Konferens yang ke-21 kali ini bertempat di Kanazawa, Ishikawa Prefecture.

Kalo di konferens sebelumnya gw ngambil studi kasus di kota Jakarta, skarang ngambil studi kasus kota Surabaya yang pada saat itu adalah kota yang paling maju dalam hal manajemen persampahan berbasis masyarakat di Indonesia. Sayangnya karna jadwal konferens bertepatan dengan jadwal survey di mana gw udah terlanjur beli tiket pulang, gw ga bisa dateng dan presentasi. Alhasil si babeh 2 yang presentasi sementara posternya gw titip ke temen lab yang juga ikutan konferens itu. Ehm, tepatnya posternya gw kirim ke panitia konferens dan minta temen gw masang sih. Sedih siihh gak bisa ke Kanazawa, it’s one of the most memorable places I’ve ever been to in Japan. Kapan2 deh sharing2 tentang travel di sana. Tapi eniweiiii, apa boleh buat, kudu balik.

Isi publikasi ini kayanya sudah mulai mengarah ke fokus riset gw, yaitu ekspansi, atau perluasan aplikasi manajemen sampah berbasis masyarakat (PSBM) di daerah perkotaan. Udah mulai ada gambar2 yang jadi kerangka argumen gw nih, liat aja deh di posternya.

Publikasi keempat dengan judul “Surabaya’s Context of Community Involvement in Solid Waste Management“. Di-submit tanggal 9 Agustus 2010 untuk konferensi Japan Society of Material Cycle and Waste Management Experts ke 21 di Kanazawa. Bentuk publikasi: poster dan oral. Hasilnya: kayanya oke2 aja. Masih dapet komentar tentang kemiripan studi ini sama studinya IGES Kitakyushu, tapi udah mulai ada tanda2 originalitas😀.

Kembali gw harus menuliskan DISCLAIMER:

Gw memegang seluruh hak intelektual dari tulisan2 yang bersifat akademik dalam blog ini. Sebagai bagian dari kaum akademisi, gw sangat menentang plagiarisme alias contek mencontek. Kalo mau make sebagian ato seluruh bagian tulisan ini, MOHON DITULIS SUMBER YANG LENGKAP, terutama karena tulisan ini sudah pernah dipublikasikan dalam kegiatan akademik.

Sumber kutipan yang lengkap adalah:

“Tahir, A., Yoshida, M., & Harashina, S. (2010) Surabaya’s context of community involvement in solid waste management. Proceedings of the 21st Conference of Japan Society of Material Cycle and Waste Management Experts 2010. ”

Filenya dapat di-unduh disini: Publikasi 2010-04 Full abstract dan Publikasi 2010-04 Poster. Selamat membaca, belajar dan terinspirasi!

NOTE:

Bagi teman2 akademisi di bidang yang sama (sampah, lingkungan perkotaan, dan semacamnya) yang berminat ikut konferens ini, linknya bisa ditemui dalam postingan ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s