Ke mana aja, neng?

Standard

Setelah berbulan-bulan hiatus dari blogging, akhirnya hari ini (29/08) mulai nulis lagi dikit2. Hal pertama yang perlu gw jawab pada diri sendiri adalah ke mana aja, neng? Jawabannya cuman satu: kerja! Kerja? Haha, whatever happened to the intention of not working for 1 year after moving?

Well, seperti yang tersirat maupun tersurat dalam postingan2 sebelumnya, tema tahun lalu adalah Change, dan salah satunya adalah pindah ke kota Singa ini untuk mencari sesuap nasi, eh itu si G sih, gw mah manut aja. Baru mulai settle Januari, senang2 lalala, eh bulan Maret mulai bosen, tepatnya bosen dirongrong riset G, ih meni gak beres2. Gw nyari kerja ajalah. Tapi susah ya nyari kerja? Secara gw blom mau jadi akademisi, blom punya network buat kerja sebagai konsultan, dan kesusahan permit kerja karna rata2 perusahaan pengennya citizen/PR. Nyerah cari kerja, gw cari internship aja kali ya.

Tiba2 suatu hari datanglah pengumuman lowongan magang di salah satu NGO lokal, berjudul ONE (SINGAPORE). Tujuan utama LSM ini adalah make poverty history, via raising awareness (peningkatan kesadaran) dan juga taking action (ngambil tindakan) untuk melawan poverty. Kebanyakan kegiatannya berupa diskusi panel, pemutaran film, dan semacamnya. Mereka juga jadi semacam penghubung antara perusahaan yang pengen ngembangin CSR-nya dengan LSM lokal lain yang kerjanya lebih grounded dan butuh support. Kerjaan gw di situ judulnya adalah intern buat campaign assistant, walaupun tugas utamanya ngembangin proposal buat fundraising. Ujung2nya gw ngerjain administrasi, manajemen database relawan dan anggota, bikin database perusahaan calon partner, yahhh, kaya judul blog ini lah, a little bit of everything hehe.

Sebulan di sana, ketika gw mulai bosen dan mempertanyakan sebenernya gw ini ngapain sih, tiba2 lagi muncullah iklan lowongan kerja di sebuah NGO internasional yang adalah salah satu tempat kerja impian. Yahh, minimal sejaoh ini lah ngimpinya setelah menutup pintu kerja di PBB dengan ga jadi ngambil magang di headquarternya. Gw itu antara over-qualified, kalo mau make gelar PhD itu, dan under-qualified, kalo ngeliat bidang kerjanya. Oh well, worth to try-lah, kalo ga ngelamar, gimana bisa dapet? Kaya kata Rachel Platten, nothing ever happens if you stay in your room, ya gak? 3 minggu setelah memutuskan melamar, gw menemukan diri sendiri sedang menandatangani kontrak kerja, dan got struck by lightning. Haaa, serius niiih? Dream job gw iniiii. Yes!

Selanjutnya, bermula dari posisi skarang sebagai program officer, dengan ini gw menetapkan mimpi baru: mencapai level international program director. Ambisius boleh dong ya😉. Dan apa mau dikata, meskipun baru 3 minggu disini, baru dikenalin ini itu, ngerjain hal2 gak penting, tapi I love my job! With all the shit and the thorn and the overtime and the underpaid thing that comes with it. I’ve been blessed, life is wonderful.

Jadi gw rasa, yang mau gw sampaikan dalam postingan kali ini adalah bahwa tema tahun ini adalah Speed. Semua yang terjadi pada gw tahun ini sifatnya tiba2 dan langsung terwujud tanpa hambatan. Jadi, semua hal akan tiba pada masanya, dengan atau tanpa direncanakan, as long as you take the first step to make your dream come true. Dalam kasus gw, adalah berani ngelamar kerjaan di level dan juga dunia yang sama skali beda dengan yang sudah gw jalanin. No regret at all, because I love my job!

29-Aug-2013. # Q – yang lagi jadi ikan kecil di kolam kecil J

Leave a Reply

